Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Bijak

penggunaan-gadget-pada-anak

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang sangat pesat kita tidak mampu mencegah. Orang tua juga melihat bagaimana mereka anak-anak di bawah umur sudah menggenggam ponsel. Sebagai orang tua juga perlu memperhatikan serta memberikan batasan penggunaan gadget pada anak.

Ini bertujuan semata-mata agar anak tidak kecanduan serta terkena dampak negatif gadget tersebut. Mungkin orang tua masih kurang paham bagaimana membatasi penggunaan gadget berikut ini adalah tips dalam menerapkannya:

Berikan Jadwal Penggunaan Gadget Secara Efektif

Pertama, orang tua boleh membuat jadwal kapan saja anak boleh bermain gadget dan kapan tidak boleh menggunakan gadget. Waktu yang lebih tepat ketika memberikan gadget pada anak adalah ketika berkumpul bersama keluarga. Sehingga dapat menghabiskan waktu bersama keluarga. Agar anak tidak menangis, orang tua boleh mengalihkan perhatiannya dengan mengajak bermain bersama dan juga mengajaknya berbicara tentang kesehariannya.

Orang Tua Juga Perlu Paham Teknologi

Faktanya, dalam penggunaan gadget pada anak lebih paham daripada orang tuanya. Itulah mengapa orang tua harus mengikuti setiap perkembangan teknologi masa kini. Orang tua bisa mencari tahu apa saja media sosial yang lebih sering digunakan oleh anak-anak. Lalu hal apa saja yang lebih sering dicari dan juga aplikasi yang paling sering di unduh.

Perlihatkan Bagaimana Cara Penggunaan Gadget yang Baik

Setiap perilaku orang tua adalah cerminan utama yang ditiru oleh anak. Inilah mengapa orang tua mesti bijak dalam mengurus anak dan menjadi teladan baik bagi si buah hati, termasuk ketika menggunakan gadget. Sebaiknya hindarilah penggunaan gadget ketika bersama orang tua karena ini akan dapat membuat anak menjadi kecanduan gadget pada
akhirnya.

Isi Waktu dengan Kegiatan Bebas Gadget Lainnya

Tips mengatur penggunaan gadget pada anak selanjutnya adalah waktu bebas gadget pada anak. Terlalu banyak pun menghabiskan waktu dengan gadget akan membuat anak tidak tahu apa yang harus dilakukan bila gadget tersebut tidak ada ditangan.Untuk itu ajaklah si anak untuk melakukan aktivitas lainnya agar tidak kecanduan.

Beritahukan Bahaya dari Kecanduan Gadget Pada Anak

Tidak hanya asl memberikan gadget kepada anak tetapi juga memberikan alasan yang mudah dimengerti anak tentang bahaya terlalu lama penggunaan gadget. Apalagi ketika anak memainkannya saat sambil tiduran, karena bisa membahayakan kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *