Apa Sih Fungsi Pelatihan Operator Mesin Genset?

Apa Sih Fungsi Pelatihan Operator Mesin Genset?

Eragenset – Makin meningkatnya pembangunan dari segi teknologi di sejumlah sektor termasuk sektor industry, membuat penggunaan mesin genset menjadi berlipat ganda, jika umumnya genset hanya dijadikan sebagai energy kedua, maka di beberapa kawasan, genset digunakan sebagai sumber utama listrik.

Dalam pengoperasiannya, kita tidak bisa menampik jika mesin genset bisa mendatangkan bahaya yang besar bila tidak dioperasionalkan dengan baik, maka dari itu dibutuhkan pelatihan mengenai operator genset. Ada pun tujuan dari pelatihan tersebut antara lain :

  1. Untuk membantu masyarakat khususnya mereka yang memutuskan untuk mendalami pekerjaan operator genset, memahami semua peraturan perundangan serta kebijakan mengenai operator genset
  2. Membantu meningkatkan ilmu pengetahuan sehingga operator jadi memahami dasar-dasar dari motor diesel
  3. Membantu peserta pelatihan untuk memahami seluruh pengetahuan dasar mengenai kelistrikan serta persyaratan instalasi listrik serta perlengkapannya di genset.
  4. Membantu operator untuk dapat memahami lingkungan kerja serta melakukan pengendalian diri dengan benar
  5. Membantu menghitung kemampuan dari suatu mesin diesel yang hendak dioperasikan serta menghitung daya masuk ke genset.
  6. Membantu meningkatkan keterampilan tenaga kerja operator khusus mesin genset sehingga mampu mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya kecelakaan kerja
  7. Membantu meningaktakn kemampuan juga pengetahuan dalam operasionalisasi pesawat tenaga serta genset.

Berdasarkan pada dasar hukum, proses pelatihan operator genset ini telah diatur dengan baik di undang-undang, jadi sebelum seorang operator genset diakui, maka operator yang bersangkutan harus sudah melalui semua proses pelatihan, sampai pihak pembimbing menilai jika operator tersebut sudah cukup baik atau bahkan baik sekali.

Ada pun cara kerja para instruktur dalam memberikan pengetahuan dan pengarahan mengenai cara kerja operator genset, akan diberikan melalui metode pembinaan, mulai dari ceramah, praktek hingga tahapan akhir yakni evaluasi. Para operator genset harus sudah siap untuk mendengarkan berbagai teori serta melaksanakan praktek yang tidak biasa, jadi yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan ini bukan hanya fisik yang sehat namun mental yang kuat.

Untuk persyaratan peserta, bisa mencari informasi lebih lanjutnya di halaman internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *